Breaking News

Berbagi Info Pendataan Pendidikan

Berbagi Info Pendataan Pendidikan
Selamat Datang, Terima Kasih Telah berkunjung

Memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan

Banyak nya persaingan membuat semakin susahnya untuk mendapatkan pekerjaan apa lagi jika anda tidak memiliki kompetensi, pikiran rakyat.com mengungkap  jumlah serjana pengangguran setiap tahunnya bertambah  tercatat dalam setahun terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) pada  Februari 2016 tingkat pengangguran terbuka (TPT) lulusan perguruan tinggi mencapai 8,39% atau setara dengan 144.500 orang dari sebelumnya 80.416 orang (4,71%) data tersebut  tercatat  di BPS jawa barat belum lagi di provinsi lain. 

Tidak memiliki kompetensi dan tidak pandai memanfaatkan sesuatu maka jangan harap keberuntungan akan berpihak kepada anda, iya memanfaatkan sesuatu disekitar anda seperti media social  adalah hal yang sama pentingnya dengan memiliki kompetensi, maka tidak ada salahnya jika  keberadaan media sosial ini bisa dimanfaatkan untuk  mencari pekerjaan. 

Bicara tentang mencari pekerjaan, Sosial media saat ini sudah tidak lagi dipandang hanya sebagai media hiburan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari lowongan kerja. Namun bagaimana, sesungguhnya, kamu harus memanfaatkannya media social tersebut ? Dikutip dari blog.jobs.id Cara Cerdas Menggunakan Sosial Media Untuk Mencari Lowongan Kerja   
  •  Biarkan orang lain mengetahui bahwa kamu sedang job seeking
Baik dalam LinkedIn, Facebook, atau Twitter, biarkan teman-teman dan followersmu tahu bahwa kamu sedang mencari kerja. Bahkan, kamu bisa memberitahu mereka jenis pekerjaan apa yang sedang dicari.
  • Jangan takut menjalin koneksi di Facebook

Sosial media Facebook mungkin menurutmu hanya untuk media hiburan, namun hal itu tidak menutup kemungkinan untuk menjalin koneksi di sana.
  • Pastikan profil Facebookmu disetting private

Beberapa akun Facebook biasanya secara default tersetting publik, dan kamu mungkin tidak ingin calon manajermu mengetahui update status pribadimu. Di bawah pilihan Account, pilih Privacy Setting, pilih “Friends Only.” Dengan begitu, mereka yang Googling namamu tidak akan bisa melihat detail dari profil, foto, atau update status personalmu.
  • Cari informasi tentang calon manajermu

Sebelum kamu submit resume, coba cari tahu tentang calon manajermu melalui LinkedIn dan Twitter. Profil LinkedIn dan tweet di Twitter adalah informasi berharga jika kamu ingin mencari tahu tentang seseorang.
  • Bangun koneksi yang kamu butuhkan untuk mendapat pekerjaan

Jangan hanya memanfaatkan koneksi. Cari tahu siapa yang kamu butuhkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan tertentu, misalnya manajer/HRD sebuah perusahaan, dan jalin hubungan dengan mereka,
  • Berpartisipasi dalam online chat di Twitter

Cari sebuah percakapan yang berhubungan dengan industrimu, atau paling tidak, industri yang akan kamu geluti. Join ke percakapan online akan membuatmu tetap up-to-date dengan industri, lebih mudah menjalin koneksi, dan menunjukkan keahlianmu di industri tersebut.
 

Sama halnya  tentang penggunaan media sosial untuk mencari pekerjaan dikutip dari  bisnis.liputan6.com yang di lansir dari wayup.com,  berikut 4 trik ampuh mendapat tawaran kerja lewat media sosial. 
  1. Tunjukan profil atraktif di setiap media sosial Menunjukkan profil yang baik di media sosial sangat penting apabila Anda ingin dicap sebagai kandidat yang berkualitas. Hal ini dapat dimulai dengan mengunggah foto yang formal dan mencerminkan diri Anda 
  2. Gunakan Hashtag atau ikut grup Selain menunjukkan profil yang atraktif, Anda juga bisa bergabung dengan grup yang memiliki minat yang sama. Hal ini dapat meningkatkan koneksi serta jaringan pertemanan. Selain itu, Anda pun akan lebih mudah tahu mengenai info terbaru seputar lowongan kerja ataupun berita mengenai karier. 
  3. Terhubung dengan kandidat profesional atau HRD perusahaan Salah satu alasan yang membuat Anda sulit mendapat pekerjaan lewat media sosial adalah karena kurangnya koneksi yang dimiliki. Untuk itu, cobalah untuk terhubung dan berteman dengan kolega serta klien yang Anda kenal. Anda juga bisa membangun koneksi dengan HRD perusahaan dan mulailah membangun jaringan dengan mereka. 
  4. Gunakan aplikasi untuk mengatur media sosial Memiliki lebih dari satu akun media sosial memang bisa membuat Anda kesulitan untuk mengaturnya. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan aplikasi pengatur media sosial. Lewat aplikasi semacam ini, Anda bisa mengatur semua media sosial dalam satu waktu sekaligus menghemat waktu dan tenaga.

#Di kutip dari berbagia sumber
Memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan Memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan Reviewed by sdi katangka 1 on 9:26:00 PM Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.